Jumat, 15 Oktober 2010

Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.atau
Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang. reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis.
Resiko Syarat mutlak daripada bisnis.
Bisnis adalah salah satu bentuk bagian dari pemasaran, karena jika kita melakukan suatu pemasaran produk atau pemasaran lainnya kita akan berhadapan langsung dengan kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis sangat membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh perusahaan. Bisnis meliputi semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran pruduktif, dari membeli bahan mentah sampai menjual barang jadi. Pedagang yang khusus melakukan pembelian dan penjualan merupakan jalur penghubung antara produsen dengan konsumen dan membantu produsen mengatasi masalah-masalah pada saat mencari konsumen, serta pada saat pembeli mencari konsumen.

* Pada Pokoknya, kegiatan bisnis ini meliputi :
Perdagangan (melalui pedagang)
Pengangkutan (dengan alat-alat transport)
Penyimpanan (sampai barang terjual)
Pembelanjaan (melalui bank atau kreditur)
Pemberian informasi (dengan promosi)


Faktor yg Mempengaruhi perkembangan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis kita harus mnegtahui faktor-faktor apa yg harus di ketahui yg bsa mempengaruhi perkembangan dari bisnis kita faktor –faktor tersebut antara lain
*Modal Perusahaan
*Rencana Perusahaan
 *Strategi Pemasaran
. Lingkungan mikro perusahaan
Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari para pelaku yang dituju.
dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan
perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk 3. Para Agen Jasa Pemasaran, seperti perusahaan atau
melayani pasar,

Lingkungan Makro masyarakat mengenai aturan kehidupan, norma-norma
dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat,
Lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang pandangan masyarakat dan lain sebagainya yang
bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan merumuskan hubungan antar sesama dengan
mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro masyarakat lainnya serta lingkungan sekitarnya

Berdasarkan uraian diatas dapatlah kita mengambil kesimpulan
bahwa sudah layaknyalah perusahaan memiliki Strategi Pemasarannya
sendiri sebelum mereka menjalankan ataupun memasarkan produk/jasanya
Strategi pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan
situasi dan keadaan perusahaan baik keadaan intern perusahaan itu sendiri
atau lingkungan mikro perusahaan, maupun keadaan ekstern perusahaan
atau yang dikenal dengan lingkungan makro perusahaan.
Perusahaan yang berjaya dan mampu mempertahankan serta
meningkatkan lagi penjulannya ditengah-tengah pesaingnya adalah
perusahaan yang telah berhasil menetapkan strategi pemasarannya serta
strategi bersaingnya dengan tepat


Sumber :(Di kutip dari beberapa artikel tentang bisnis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar